GA NGAPA-NGAPAIN

Dulu aku insan yang penuh dengan cita-cita, sekarang apa aja yang penting dapet duit deh. Makanya gue sekarang sering terima endorsan (walau pilih-pilih juga), gue ga terima produk yang gada BPOM dan ga halal.

Mungkin ada yang berpikir, β€œApaan sih sok-sok-an jadi Selebgram, kayak situ secantik Anya Geraldine aja.”

Bahkan ada temen yang DM di foto endorsan gue, dan bilang, “Kamu teh ngapain?”, seolah-olah gue melakukan hal yang memalukan.

Tapi giliran gue mau bagi-bagi barang endorsan yang ga kepake, mereka pada rebutan. Dasar manusia, doyannya menjilat ludah sendiri.

Gue ga berharap juga sih mereka bakal memuji apa yang gue lakukan, tapi setidaknya daripada mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan, lebih baik diam.

Lagian gue kalo dipuji suka bingung harus gimana, biasa menghadapi hinaan soalnya. Biasa dihina, dipuji jadi salting wkwkwk..

Sesungguhnya gue terima endorsan buat dapet duit, kadang gue cuma mau duitnya doang, barangnya gue kasihin orang. Tapi justru bagus, dengan gue ngasih-ngasih ke orang, pas produknya habis mereka justru pada beli lagi. Makanya buat brand yang mau endorse, tolong produknya dibanyakin biar gue bisa kayak Baim Wong ngasih hadiah sekecamatan hohohooo..

Inget ya, kita bermedia sosial bukan untuk membahagiakan orang lain, ga ada keharusan kita posting harus sesuai dengan yang mereka mau.

Jadi bodo amatlah omongan orang, gue rasa kalau masih miskin, jangan idealis dulu. Kita butuh makan. Keren mah urusan belakangan.

Gue sebenernya ga kekurangan, cuma entah kenapa gue terobsesi sama uang sejak kecil. Gue punya prinsip kalo semua yang berlebihan itu ga baik, tapi kalo uang ga papa 😎

Dari SD gue udah suka nabung baik di celengan atau di sekolah. Gue bahkan beli beberapa buku tabungan buat nabung uang kertas di rumah. Kalo celengan kan khusus buat receh, tapi buku tabungan sengaja gue tulis sendiri saldo uang kertas yang gue punya.

Jaman gue kecil sebenernya udah bisa bikin rekening bank sendiri, dulu mobil bank-nya suka nyamperin ke sekolah. Tapi gue ga ikutan, kata nyokap tar uangnya susah diambil, dulu belum ada ATM soalnya. Jadul banget ya, ketauan deh gue lahir di jaman orang-orang masih pada nyembah pohon karet.

Tapi yang menyebalkan dari menabung adalah saat duit tabungan gue lumayan banyak, ujung-ujungnya suka diambil sama nyokap. Bilangnya sih minjem tapi seringnya ga dibalikin hahahah.. Gue mencoba memahami, nyokap punya 5 anak jadi pasti kebutuhannya luar biasa banyak. Walau kadang gue ngerasa gaya hidup nyokap terlalu boros.

Sampai sekarang gue yang sering diandalkan soal ekonomi di keluarga. Gue sangat bersyukur diberi rejeki yang cukup, apalagi banyak. Jadi janganlah Engkau ragu untuk menitipkan rejeki yang lebih banyak lagi padaku Tuhan.. #ngarep

Kadang orang lain bahkan keluarga ngeliat gue enak-enak aja hidupnya. Padahal gue tuh bukannya berkelebihan, tapi hemat.

Dibanding adik-adik, kayaknya cuma gue yang hidupnya simple dan punya rencana keuangan masa depan.

Ade gue hobinya nongkrong dari satu cafe ke coffee shop lain. Jadi dia nih makannya di kafe, trus beres makan melipir buat minum di coffee shop. Sedangkan gue makan minum ya di tempat yang sama, tu juga apapun makanannya, minumnya pilih yang paling murah, kalo bisa yang refill hahahaha.. dan sekarang lebih ngirit lagi, kemana-mana selalu bawa tumbler berisi air putih, karena sayang aja gitu beli air mineral, walau cuma 5-8 ribu tapi lebih baik bawa sendiri deh, hemat uang & sampah plastik juga.

Kebiasaan ngirit gue yang lainnya adalah ngumpulin tissue bekas, jadi gue kalo abis cuci muka ngelapnya pake tissue. Kenapa ga pakai handuk? Soalnya dulu pernah ngelap muka pakai handuk (padahal handuk bersih) tapi malah jerawatan, makanya sekarang ngelapnya pake tissue dan selalu gue kumpulin tissue bekasnya buat ngelap meja atau furniture yang kotor.

Gue suka ngumpulin tissue bekas sebenernya udah dari jaman kuliah, kalo abis ngelap keringet tissue-nya gue masukin kantong, soalnya gue kalo jalan suka ga liat-liat alhasil sepatu sering kecipratan yang becek-becek, disitulah fungsi tissue bekas. Pokoknya kalo udah ngelap yang kotor sih langsung dibuang. Kalo ngelap muka kan ga ngerubah warna tissue makanya disimpen.

Menyimpan tissue bekas juga bagus untuk kelangsungan hidup pohon-pohon biar ga ditebangin terus buat dibikin tissue.

Pokoknya selain cari uang, nabung dan ngirit, sekarang yang gue pikirin cuma gimana caranya kaya tanpa ikutan pesugihan, tanpa jual diri, tanpa jual ginjal, tanpa ikut MLM, tanpa jadi bandar narkoba.

Banyakin kerja, banyakin uang, senengin orangtua, trus liburan deh. Biasain punya mindset kalo orang lain itu ga peduli. Biar kalo ada apa-apa bisa sendiri tanpa bantuan orang lain dan ga kecewa karena udah berharap sama orang lain tapi ga ada yang bantuin. Hidupmu itu tanggung jawabmu.

Baiklahh.. Sekian wejangan singkat Nyonya kali ini yang ditulis saat mati lampu dan kebetulan Nyonya lagi ga ngapa-ngapain. Mati lampu mo ngapain coba, buka IG ga bisa, buka Twitter loading terus, bisanya main Dino Jump di Google doang.

Eh, ngomong-ngomong kalian punya tips ngirit juga ga? Sini bisikin ke Nyonya.

14 thoughts on “GA NGAPA-NGAPAIN

  1. aku kok jd keinget hua ce lei yg di pelem poor prince ngumpulin tisu di sekolah 🀣🀣
    btw aku ga bisa hemat2 bgt anaknya, prinsipnya klo merasa kurang brarti harus kerja jauh lebi keras lg .. jd cewe jangan ngandalin kocek paksu
    yuk mari kita semangat ngumpulin pundi pundi πŸ’ͺ🏽

    • Oh iya dulu ada film Poor Prince, tapi ga inget ada adegan itu 🀣🀣 tapi emang kocak sih si wa ce lei adeknya banyak bgt, jd pngen nonton lagi. Aku jg cuma dlm bbrp hal aja yg hemat, klo sm makanan aku hajar beli, tp klo sm barang aku bs mikir berkaliΒ² buat beli πŸ˜†πŸ˜† yok semangat yok cari uang πŸ’ͺ🀩

  2. Ya udahlah, kerja apapun yang penting halal. Bagi saya, semua yang bekerja itu keren.
    Saya baca ini malu deh, soalnya cuma tau mengisi hari dengan baca buku sama nulis fiksi, selain tidur dan nonton drakor. πŸ˜…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s