5

TEMPAT WISATA INSTAGRAMABLE DI BANYUWANGI

Hai semua, apa kabar? Semoga sehat selalu dan stay safe ya, jaga kebersihan, sering-sering cuci tangan. Dalam situasi seperti sekarang ini, kita harus saling mengingatkan terkait pentingnya mencuci tangan. Kecuali koruptor ga usah diingetin, dia mah udah jago kalo soal cuci tangan hihi..

Aku harap nanti ketika virus corona telah benar-benar musnah, hari liburnya tetap diperingati tiap tahun, hmm.. ngarep banget ya.

Aku yakin disini pasti banyak banget yang udah kangen liburan, maka dari itulah postingan ini dibuat. Aku mau kasih referensi tempat wisata kekinian dan instagramable khususnya di Banyuwangi.

1. KAWAH IJEN

Terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Kawah Ijen menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan, terlebih dengan adanya fenomena ‘Blue Fire‘ yang terlihat sangat indah di dini hari. Setiap saat, banyak turis lokal maupun mancanegara yang penasaran dengan si api biru ini.Selain itu, kamu juga bisa melihat matahari terbit dari puncak Ijen yang tak kalah mempesona.

Kawah Ijen berada diatas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut, dan merupakan bagian dari Gunung Ijen, gunung berapi yang masih aktif.
Terkadang kawasan Ijen sering ditutup karena kandungan belerang yang terlalu tinggi hingga dapat membahayakan wisatawan, baunya yang sangat menyengat bukan hanya dapat membuatmu batuk dan pusing, melainkan juga pingsan bahkan meninggal dunia.

Untuk menghindari asap beracun dari kawah ini, wisatawan disarankan menggunakan masker yang dilengkapi dengan penyaring udara. Biasanya masker tersebut bisa disewa saat di pos atau disediakan ole pemandu wisata.

2. TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman Nasional ini terletak 35 Km sebelah utara Banyuwangi, tepatnya di Kabupaten Situbondo dan memiliki luas area 25.000 hektar. Ini adalah tempat berbagai macam konservasi tumbuhan dan hewan-hewan alam. Pemandangannya mirip hamparan tanah di Afrika yang sering kita lihat di televisi, ga heran Taman Nasional Baluran ini juga dijuluki The Little Africa van Java.

Di Taman Baluran ini kita juga bisa melihat hewan-hewan yang dilindungi, seperti rusa, banteng, kancil, kucing bakau, merak, kera berekor panjang, dan hewan liar lainnya. Untuk kamu yang akan berkunjung ke sini harap berhati-hati. Lantaran ini adalah alam bebas, kamu bisa saja bertemu dengan ular atau sekawanan banteng. Sebaiknya kamu berhenti dan biarkan mereka lewat terlebih dahulu. Atau jika bertemu dengan ular harus tenang, jangan panik.

Kawasan ini memang mempesona, tapi saat hewan datang tempat ini bisa membuat jantung berdebar. Salah satu kunci yang memang harus diperhatikan adalah jangan panik bila bertemu dengan hewan.

Untuk yang doyan selfie, kamu bisa berfoto di Sabana, disana terdapat pohon Akasia, tulang kepala banteng yang berjajar dan papan nama Savana Bekol yang ada di tengah hamparan sabana. Dijamin hasil fotomu bakal instagramable abis.

3. PANTAI PLENGKUNG

Bagi kamu pecinta olahraga air, khususnya surfing (selancar), Pantai Plengkung merupakan pilihan yang tepat. Berlokasi di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung yang memiliki julukan ‘The Seven Giant Waves Wonder‘, cukup terkenal di kalangan para surfer asing. Terdapat 7 gulungan ombak dengan ketinggian 6 meter mampu menjadikan pantai ini sebagai salah satu pantai andalan di Banyuwangi. Ga heran jika Pantai Plengkung juga disebut sebagai pantai dengan ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii.

Ada yang bilang rute menuju pantai ini cukup menantang dan harus berjalan kaki melewati hutan Alas Purwo selama 1,5 jam, karena tidak diijinkan membawa motor atau mobil.

Tapi aku yakin Pantai Plengkung ini dapat menjadi surga bagi para peselancar yang ingin menikmati sensasi ombak besar.

4. ROWO BAYU

Ingatkah kamu cerita horor KKN di Desa Penari yang viral beberapa waktu lalu? Rowo Bayu merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang sempat hits karena diduga sebagai lokasi cerita tersebut. Terletak di Kawasan Hutan Petak 8, Desa Banyu Kecamatan Songgon. Rowo Bayu adalah sebuah rawa yang berada di lereng Gunung Raung.

Menurut warga sekitar, Rowo Bayu masih kental dengan hal mistis dan beberapa kali pernah ada kejadian yang tak terduga berkenaan dengan letaknya yang dekat dengan lokasi petilasan atau pertapaan Prabu Tawang Alun. Tapi jangan khawatir, selama mematuhi peraturan adat disana, pasti aman sehingga bisa puas menikmati keindahan alamnya.

Gimana, udah siap liburan ke Banyuwangi? Kalau siap, aku mau kenalin Jasa Rental Mobil di Banyuwangi untuk menunjang kegiatan liburan kamu selama di Banyuwangi.

Azka Transport, Jasa Transportasi atau Rental Mobil di Banyuwangi yang mengedepankan Pelayanan, namun Tarifnya Bersahabat. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa cek website resminya di azkatransport.com