PEREMPUAN, KARIR DAN KEBEBASAN MENGATUR KEUANGAN

Sebagai seorang perempuan sekaligus ibu rumah tangga, tentunya saya ga mau selalu bergantung secara finansial kepada suami. Saya rasa perempuan itu harus bisa mandiri dan kuat, bukan berarti segala sesuatu harus dikerjakan sendiri, karena tidak ada manusia yang dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

Mandiri dan kuat yang saya maksud adalah mencoba untuk melakukan semuanya sendiri terlebih dahulu tanpa harus menungggu orang lain yang mengulurkan bantuan atau tidak mengantungkan hidup kepada orang lain hingga tidak bisa mengambil suatu tindakan dan langkah seorang diri.

Mungkin anda pernah mendengar istilah di balik kesuksesan pria ada wanita hebat di belakangnya dan itu benar adanya. Karena perempuan yang mandiri dan kuat selalu ada dan memotivasi pasangannya, sehingga pasangannya akan selalu mencoba saat ia mengalami kegagalan hingga akhirnya mencapai kesuksesan. Ia adalah pendukung terbesar dan terhebat hingga menjadi mitra terbaik bagi orang yang dicintainya.

Sebagian pria memandang wanita mandiri dan kuat adalah wanita yang pintar, tangguh dan seksi. Ia terlihat menarik karena kecerdasannya untuk bertahan hidup dalam keadaan terpuruk dan bijak mengambil langkah saat datang cobaan atau masalah yang menghampirinya. Ia terlihat tangguh karena berusaha untuk mengembangkan kemampuannya agar berprestasi, karena itulah ia terlihat seksi.

Maka dari itu saya gercep membuat Rencana Keuangan untuk meminimalisir resiko atau kesulitan yang mungkin saya hadapi di kemudian hari. Dengan ini saya rangkum beberapa tips Perencanaan Keuangan #GercepBiarMantep yang saya jalankan.

1. Menabung

Entah kenapa saya terobsesi sama uang sejak kecil. Saya punya prinsip kalo semua yang berlebihan itu ga baik, tapi kalo uang ga papa hihi..

Dari SD saya suka menabung baik di celengan atau di sekolah, uangnya kadang saya belikan buku, perlengkapan sekolah, atau saya pinjemin ke mama saya. Maklum anak berbakti sedari kecil hohoho..

Tapi itu dulu, kalau sekarang saya nabung di Bank, sebenarnya nabung di celengan juga masih namun dengan sistem yang berbeda. Uang yang saya tabungkan di celengan adalah 10% uang dari yang sudah dibelanjakan, saya menganggapnya seperti pajak. Jadi kalau saya beli skincare seharga Rp 500.000, saya harus nabung di celengan Rp 50.000. Belanja apapun untuk kebutuhan pribadi seperti tas, make up, sepatu saya tabungkan 10% nya.

2. Asuransi

Sebagai manusia kita ga pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan, entah itu nantinya kita akan jatuh sakit, tekena musibah, bencana, dan lain-lain. Ga ada salahnya kita bersiap untuk kemungkinan terburuk. Saya memiliki asuransi kesehatan dan jiwa. Asuransi kesehatan membantu saya meminimalisir biaya yang besar akibat terjadi resiko sakit dan wafat dengan cara memindahkan resiko tersebut ke perusahaan asuransi. Coba bayangkan, jika anda tidak memiliki asuransi kesehatan, maka ketika jatuh sakit, anda harus mengeluarkan kocek pribadi untuk menutup biaya pengobatan di rumah sakit. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki asuransi kesehatan. Sebab, perusahaan asuransi akan memberikan manfaat berupa penggantian biaya yang timbul ketika Anda jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Begitu pula halnya dengan cara kerja asuransi jiwa yang memberikan santunan berupa uang pertanggungan (UP) jika tertanggung tutup usia. UP ini bisa digunakan untuk keluarga yang ditinggalkan sebagai pengganti penghasilan, warisan, uang kuliah, dan tujuan keuangan lainnya.

3. Rencanakan Dana Darurat

Dana darurat mungkin terdengar sepele untuk sebagian orang karena masih kurang familiar di telinga orang Indonesia. Meskipun demikian, dana darurat cukup penting untuk anda pekerja kantoran yang belum berkeluarga maupun yang sudah menikah.

Tujuannya yakni untuk mempersiapkan biaya yang sewaktu-waktu bisa muncul tanpa kita duga. Contohnya adalah biaya perawatan rumah sakit, biaya berobat maupun biaya kecelakaan kendaraan.

Dengan adanya dana darurat, anda ga perlu lagi mengambil uang dari anggaran kebutuhan atau yang lainnya.

4. Bayar utang sesuai waktu

Utang itu bagai 2 sisi mata uang, di satu sisi bisa memberikan dampak negatif maupun positif tergantung digunakan untuk apa. Bisa menjadi hal yang positif jika digunakan untuk hal yang produktif seperti membangun usaha, atau bisa menjadi hal yang negatif jika digunakan untuk beli barang yang bersifat konsumerisme. Belum lagi kalau ada denda atau bunganya.

Untuk itu, penting untuk anda membayar utang sesuai batas waktu supaya nominal yang dibayarkan tidak membengkak seiring berjalannya waktu.

5. Investasi

Di era yang serba modern seperti saat ini, menabung dan berinvestasi bisa menjadi kewajiban yang perlu diterapkan oleh setiap orang. Tujuannya untuk menjaga aset kita tetap bernilai di waktu yang akan datang.

Terdapat banyak jenis investasi yang bisa dicoba mulai dari tabungan deposito, investasi saham hingga reksa dana. Anda cukup menyesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan anda di salah satu bidang tersebut.

Kebetulan investasi yang saya gunakan adalah OVO | Invest yang merupakan salah satu produk reksadana pasar uang yang dikelola oleh Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Produk investasi ini diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021, hal ini merupakan terobosan baru yaitu dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment.

Pendaftaran di OVO | Invest ini tidak memakan waktu yang lama dan sangat praktis digunakan. Syarat utamanya anda harus memiliki akun OVO Premier dan punya OVO Cash yang cukup untuk investasi. Jika OVO belum premier, anda dapat mendaftarkannya langsung di aplikasi dengan menyertakan data diri dan foto E-KTP, setelah itu cukup menunggu persetujuan dari OVO, yang mana prosesnya cukup cepat.

Keunggulan berinvestasi di OVO | Invest

  • Berinvestasi reksadana cukup dengan setoran awal minimal Rp. 10.000 saja.
  • Pendaftaran investasi hanya melalui smartphone
  • Diberitahu potensi keuntungan dan return investasi yang kita lakukan.
  • Dapat memantau kinerja portofolio investasi via aplikasi OVO
  • Setiap transaksi investasi akan mendapatkan informasi dan konfirmasi transaksi yang diterima pengguna melalui aplikasi OVO.

Gimana? Udah cukup tertarik dan mau memulai berinvestasi melalui OVO | Invest ini?

Yuk mulai daftarkan diri anda dengan cara-cara di bawah ini:

  • Buka aplikasi OVO, jika belum punya bisa download disini
  • Klik icon/logo ‘Invest’
  • Klik mulai sekarang
  • Ceklis syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Pilih profil resiko

Kita bisa memilih jangka waktu insvestasi, mulai kurang dari 1 bulan sampai dengan lebih dari 5 tahun. Jangka waktu bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Isi data diri, lalu tunggu akun kita diverifikasi. Estimasinya 1 x 24 jam. Biasanya akan muncul notifikasi pada aplikasi OVO bila registrasi berhasil dilakukan.

Setelah data diri kita diverifikasi, kita bisa melakukan pembelian reksadana di OVO | Invest, dengan cara sebagai berikut:

  • Isi OVO Cash terlebih dahulu, disini saya mengisi Rp 100.000
  • Klik beli, pilih perusahaan investasi, lalu masukkan nominal pembelian. Klik lanjutkan, lalu setujui.
  • Setelah berhasil, tunggu unit selesai diverifikasi. Proses ini biasanya berlangsung dalam 1-2 hari. SELESAI!!!

Jika di kemudian hari kita ingin menjualnya, caranya juga gampang kok, bisa dilakukan hanya melalui aplikasi OVO. Caranya, cukup buka portofolio investasi, klik jual dan input jumlah yang akan dijual. Nantinya secara langsung dana akan dicairkan ke OVO Cash.

Gimana? gampang banget kan gabung di OVO | Invest. Yuk belajar atur keuangan dengan mulai berinvestasi lewat OVO | Invest #GercepBiarMantep

Semoga tips di atas bermanfaat ya. Mari berhemat sambil menghasilkan uang, biar uang yang bekerja untuk kita, karena perempuan harus mandiri dan tangguh!!

4 thoughts on “PEREMPUAN, KARIR DAN KEBEBASAN MENGATUR KEUANGAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s