CARA MENDAPAT UANG DARI SOCIAL MEDIA

Hai semua, para manusia yang selalu bingung lihat kehidupan orang lain. Kok lempeng-lempeng aja, happy-happy aja.. Jangan lupa istirahat yaa, banding-bandingin rejeki butuh energi hihi..

Kali ini gue mau cerita tentang kesibukanku di dunia maya. Selain jadi ibu rumah tangga, sekarang gue punya 3 kerjaan yaitu jadi reseller, buzzer dan copywriter. Tiga-tiganya gue kerjain sekaligus, tapi dibawa santai aja.

Buat kamu yang berteman di instagram sama gue @annisahavni mungkin kalian tau kalo gue jadi buzzer campaign atau paid promote dari brand, udah eneg kali ya lo liat muka selfie gw wara wiri di timeline wkwkwk.. jangankan elo, gue aja males liatnya. Kalo bukan karena duit, gue mana mau foto selfie.

Rata-rata di Instagram gue (yang bukan foto paid promote) itu pasti fotonya candid, atau gue-nya difoto dari jauh. Soalnya kalo difoto dari deket pasti suka diulang-ulang, dengan alasan “ih kok akunya gendut, kok muka aku pipi semua, ulang lagi!!”

Kayak gini contoh foto-foto gue di IG, pokoknya harus jauh kalo foto!! Hahahah..

Paling suka foto yang gue-nya keliatan kecil, biar keindahan pemandangan ga jomplang sama muke gue yang ala kadarnya..

Pokoknya gue adalah tim jarang selfie, sekalinya selfie trus hasilnya cakep langsung ganti Foto Profil di semua akun hahaha..

Tapi khusus untuk foto brand gue masuk tim selfie kepala miring, ga tau kenapa kalo pala miring, gue ngerasa idung gue terlihat lebih mancung. Siapa yang ngerasa gini jugaaa??

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan gimana cara dapet uang dari social media. Kebetulan gue pakai beberapa platform ini dan terbukti dibayar, walaupun agak lama bisa 2 minggu sampai 1 bulan. Itung-itung kayak nunggu gajihan.

1. Partipost

Partipost adalah aplikasi untuk kita join campaign dan dibayar. Campaign-nya macem-macem, ada yang endorse barang dikirim ke rumah, ada juga yang disuruh beli produk dulu lalu fee-nya nyusul.

Di Partipost ini sekali campaign bisa dibayar 100 ribu sampai jutaan. Lumayan banget kan. Tapi gue sih seringnya dapet job dengan fee kisaran 100-300 ribuan. Dan enaknya lagi, kalau like dan komen kita banyak, kita bisa dapet bonus tambahan uang, 1 like biasanya dihargain 200 rupiah, 1 komen dihargain 1.000 rupiah. Jadi kalo likes kamu ratusan, tinggal dikaliin aja.

2. Sociabuzz

Ini adalah platform favorit gue, karena job nya banyak dan tiap hari update job baru. Tapi di Sociabuzz ini potongan fee-nya lumayan gede, kira-kira 15%.

Di Sociabuzz rata-rata kita dikirim produk dan dibayar pula, bener-bener berasa selebgram deh. Tapi ada juga yang cuma dipinjemin, biasanya produk dengan harga diatas 500 ribu yang cuma dipinjemin. Beberapa Fee di Sociabuzz lebih gede dari Partipost, gue pernah dapet job hampir 600 ribu sekali posting. Mayan banget deh.

3. Sosiago

Nah, buat para blogger yang hobi nulis, platform ini cocok banget buat kalian. Jadi biasanya kamu akan diminta menulis untuk suatu brand produk kemudian dibayar. Fee-nya lumayan sih, rata-rata mulai 200 ribuan.

Tapi gue pribadi belum pernah pake Sosiago ini, karena dulu sepertinya cuma bisa dibuka di pc aja, kalo sekarang belum gue coba lagi.

Jadi buat kamu yang pengen mulai monetisasi blog, boleh coba sign up di Sosiago.

4. Casting Asia

Untuk platform ini, semua orang bisa ikutan, jadi ga terpaku dengan jumlah followers. Fee nya pun lumayan biasanya diatas 200 ribuan, tapi kekurangannya campaign di Casting Asia ini jarang, paling sebulan 2x, dan karena fee nya lumayan gede suka rebutan, pokoknya siapa cepat posting foto, dia yang dapat fee nya.

Tapi agak ketat juga peraturan di Casting Asia, gue pernah 400 ribuan ga dibayar, karena posting foto produk pake kamera depan, tulisannya jadi kebalik bacanya wkwkwkwk..

Kebalik kayak gini gaess.. Oppo jadi Oddo haha..

Sejak saat itu gue kalo foto diedit dulu pake fitur Miror biar tulisannya kebaca.

5. Lemon for Influencer

Kalo ini gue baru 2x dapet job dari Lemon, produknya bagus-bagus kayak Klairs, Panasonic, Maybelline, Wardah, Biore, dll. Cuma biasanya yang dapet anak muda, yg tua-tua kayak gue mah agak susah karena kepentok umur wkwkwk..

6. Ikut Endorse Management

Nah, kalo ikut Endorse Management gini sih enak, jadi kamu tinggal mantengin job yang available di grup WA. Kalo sesuai dengan produknya, kamu tinggal list aja. Nanti kalo lolos job bakal diinfoin.

Ikut Endorse Management itu biasanya berbayar kisaran 100-200 ribuan, cuma sekali bayar aja tar dicariin job. Worth it kok, karena dengan ikut management peluang kita dapet job semakin besar. Tapi ada juga yang free kayak Moslem Influencer itu gratis.

Endorse Management yang aku ikutin sebenernya cuma 1 sih. Tapi kalo kalian mau tergabung di beberapa management juga bisa kayak Chb Management, Celeb Influencer, Lips Management, Dermage Management, dll. Itu adalah nama-nama Endorse Management yang menurutku trusted. Karena ada beberapa management yang cuma minta fee di awal tapi kita ga dikasih job. Nipu kan jatohnya.

Kebanyakan job di management itu free fee, jd seringnya kita cuma dapet barang endorsan aja. Tapi lumayan kok, misal kalo gue butuh kerudung atau skincare Korea ada yang endorse jadi ga usah beli wkwkwkw..

Gara-gara sering dapet endorsan gue sekarang udah jarang banget belanja kebutuhan pribadi. Cukup membantu keuangan gue.

TERUS CARA NAMBAH FOLLOWERS TUH GIMANA SIH?? BELI YA MAKANYA FOLLOWERS BISA BANYAK?

Oh tentu tidak Nahrowi. Beli followers justru ga aman, karena rata-rata akun fake yang follow kita. Jadi saat Instagram bersih-bersih, followers yang udah kita beli itu bisa raib gitu aja.

Followers Instagram gue sekarang kisaran 20K (Micro influencer), Mereka follow karena gue jadi sponsor Giveaway, gue patungan sama buzzer lain buat ngasih hadiah, syaratnya mereka harus follow IG kita semua.

Pernah liat kan kalo Awkarin sering ngadain Giveaway Iphone tapi syaratnya kamu harus follow beberapa temen-temennya? Padahal si Iphone itu sebenernya bukan dari uang Awkarin sendiri, melainkan dari temen-temennya yang ikutan jadi sponsor dan di posting di IG Awkarin, seolah-olah Awkarin yang bagiin Iphone.

Nah, sistem Giveaway yang gue jalanin semacam itu, gue suka ngadain Giveway bagi-bagi uang tapi di posting di akun selebgram yang jumlah followersnya ratusan ribu sampai jutaan, secara ga langsung gue jadi kecipratan followersnya si selebgram tersebut.

Oh iya buat kamu yang mau nambah followers dengan jadi sponsor Giveaway bisa DM gue aja di IG @annisahavni ya.

Dan jadi Sponsor Giveway itu ga mahal, mulai patungan 65 ribu/org, kamu bisa dapet 1-2K followers!! Paling mahal gue pernah ikut jadi sponsor patungan 180rb/org itu dapet 7-10K followers. Tapi resikonya kalo udah dapet pemenang Giveaway, akan ada beberapa orang yang meng-unfollow kita karena mereka kecewa ga menang.

Kalo yang gue rasain, tiap gue posting endorsan followers turun sekitar 50-100 orang. Makanya gue sekarang jarang posting dan lebih selektif pilih produk endorsan, gue cuma mau di-endorse barang yang bener-bener gue pake dan gue butuhin. Walaupun ada sih temen buzzer dari Riau, dia selalu ambil semua job, penghasilan dia minimal sebulan bisa dapet 7 juta. Mantep ya, tapi berhubung gue bukan quantity person, gue suka stres sendiri kalo terlalu banyak barang yang mesti difoto dan review. Pengennya santei aja gitu, toh gue juga punya bisnis dan kesibukan lain selain jadi buzzer.

Makanya gue ga kebayang jadi Awkarin yang IG story-nya titik-titik kayak mo ngejahit. Pasti cape banget dia mesti foto dan review setiap hari. Kalo sekelas Awkarin sih sekali endorse bisa delapan sampai belasan juta. Jadi wajar kalo foto-foto dia kebanyakan pake fotografer.

Gimana, niat jadi buzzer juga? Kalo ada yang mau ditanyain boleh tulis di kolom komentar.

Well, sekian ilmu per-Buzzer-an kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian di masa pandemi ini. Semangat dan stay safe all..

20 thoughts on “CARA MENDAPAT UANG DARI SOCIAL MEDIA

  1. mbak kok sepertinya pekerjaannya menarik nih? hehe. Mau minta saran, misalnya kita tertarik dan mau serus menekuni pekerjaan ini….sebaiknya bikin akun IG baru aja supaya ga nyampur sama pribadi, atau gimana baiknya mbak?

    • IG lama juga gpp sih. Yg penting feed nya rapi, aku juga dulu ga rapi, tapi sebagian foto aku archive biar jadi rapi tampilannya. Dan yg paling ngaruh tuh followers, semakin banyak followers, semakin besar juga uang yg bisa kita dapet.

  2. Wawwwwww.. Saya malah nggak paham beginian. Hahah.

    Cuma pernah kerjasama sama anymind grup cuma beda klasifikasi aja. Saya di blog. Cuma pas pandemi, dicuekin saya pas ada masalah sama iklan. Yaadahhlaa. Mungkin rezekinya blm di situ.

    Ternyata Mbakknya seleb šŸ˜ŒšŸ˜ŒšŸ˜Œ

    • Aku juga nulis review produk di blog, cuma masalahnya blog aku msh primitif banget. Jauh dari SEO yg baik, belum .com pula. Jadi kdg aku nulis artikel tp buat di post di blog orang lain wkwkwk..

      Cobain Sosiago aja say, disana mayan banyak loh job nulisnya.

  3. Baru tau loh ternyata soal per endorse an ini sampai ada agency dan patungan giveaway segala. Dulu beberapa kali ada yg nawarin endorse via blog, tp kok kayaknya aku belum sanggup dikasih patokan mesti nulis yg mereka mau dalam waktu singkat. Cuma ternyata bisa jadi ladang cuan juga ya, hahaha

    • Sebenernya klo emang udah tau step-step nya sih enak tinggal jalanin aja. Klo untuk endorse nulis produk emang agak makan waktu lama sih ketimbang foto doang. Tapi klo bayarannya oke pasti aku bela2in walo lagi males nulis wkwkwk

    • Ada yg aplikasi, ada juga yg website. Klo aplikasi aku pake Partipost aja, klo yg lain yg aku sebutin itu website, tp enakan website sih ga ngabis2in memori hp buat download aplikasi.

  4. kak. Kalau begitu syaratnya apa aja sih kak?

    Pada tanggal Sel, 12 Mei 2020 11:49, Si Nyonya Nyablak’s Blog menulis:

    > sinyonyanyablak posted: “Hai semua, para manusia yang selalu bingung lihat > kehidupan orang lain. Kok lempeng-lempeng aja, happy-happy aja.. Jangan > lupa istirahat yaa, banding-bandingin rejeki butuh energi hihi.. Kali ini > gue mau cerita tentang kesibukanku di dunia maya. Selain j” >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s