Tips Mudik Anti Udik

image

Ini adalah postingan tahun 2013 yang ditulis ketika gue menulis untuk diri sendiri tanpa punya followers maupun following. Kemaren iseng baca lagi dan ga nyadar malah cekikikan sendiri kayak orang kesurupan. Gue sendiri juga ga nyangka bisa kepikiran nulis postingan sekonyol dan sebodoh ini. Oke, selamat membaca, semoga tips-nya bermanfaat.

8 Agustus 2013

Assalamualaikum wahai jomblo-jomblo yang berbahagia,

Pasti bahagia dunk, secara gitu hari ini bertepatan dengan Idul Fitri, yaitu hari dimana setelah setahun pisah akhirnya ketemu lagi sama kue nastar dan keju. Hari ini juga adalah hari dimana segala dosa-dosa kalian yang disengaja maupun disengaja banget akhirnya diampuni juga. Makanya jangan bikin dosa lagi yaaa..

Di hari lebaran nan sakral ini yang doyan ngegosip, coba sejenak tinggalin dulu hobinya, ga baik. Betewe, itu si Nikita Mirzani katanya digebukin cowok-cowok lagi ya? Bener ga sih?

Well, sebelumnya gue pengen ngucapin Minal Aidin Wal Faidzin buat mantan pacar, gebetan, modusan korban PHP, secret admirer, kakak-adek-an, friend zone dan kalian semuanyanya!! Mohon maaf lahir batin, maafin kalo-kalo gue ada salah, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Sebagai informasi, Bandung sore ini disponsori oleh hujan di rumah nenek tepatnya daerah Buah Batu yang open house dari pagi sampai malem. Jomblo mah ga kan ngerti open house, paling juga ngertinya open heart, soalnya bingung udah buka hati lebar-lebar tapi gada yang nyangkut, ibaratnya hati kalian tuh udah kayak bandara aja, banyak yang mendarat tapi rata-rata cuma transit.

Buat para jomblo, gue yakin banget lebaran kalian kali ini pasti disponsori oleh serbuan pertanyaan “KAPAN NIKAH??” Sedangkan kumpulan rindu tertutup hati yang pilu pada si dia yang sudah bersama dengan yang lain.

Okeh, cukup bahas soal penderitaan jomblo kali ini!! Takutnya tar jomblo-jomblo pada sakit hati dan gue mesti mesti nunggu lebaran tahun depan biar dimaafin dengan afdol.

Kembali ke topik judul soal mudik yaaaa.. Lebaran kali ini gue sih mudik ke khayangan. Kalo kalian pada mudik kemana, mblo?? Jangan bilang mudik ke hati mantan, ga level banget ih, apalagi klo kalian baru tau si mantan ternyata udah punya pacar lagi, itu rasanya sama aja kayak lagi jalan di pasar baru saat deket lebaran, sesek broh.

Saat ini gue laporkan bahwa jalanan Bandung terbuat dari mobil plat B, D, F, dan Z yang rupa-rupa warnanya dan sesekali diramaikan juga oleh bunyi ledakan dari anak-anak sekitaran komplek yang kalo main petasan dinyalain sepuluh sekaligus. Antara seneng-seneng sama pengen buntung beda tipis.

Info jalanan dan arus lalu lintas kali ini, sebagian orang tersendat menuju gebetan baru, dianjurkan untuk memutar balik mencari tujuan lain yang tidak banyak halangan. Hindari jalur kenangan, banyak memori menyesakkan dan penuh kegalauan.

Anyway, to the point aja ya, sekarang gue mo kasih tips-tips jitu nih buat kalian yang pada mudik lebaran, silahkan disimak baik-baik.

1. Kalo mau mudik, usahakan anda punya kampung halaman.

2. Jangan suka bawa-bawa yang ga perlu saat anda mudik ke kampung halaman, contohnya : bawa-bawa kenangan masa lalu.

3. Bawa baju sedikit aja, jangan banyak-banyak, karena ini mudik, bukan minggat.

4. Bagi pemudik yang mengendarai motor, hindari jalan tol agar tidak kena tilang.

5. Spion, jangan lupa spion!! Ini penting banget buat ngaca selama di perjalanan nanti.

6. Pastikan helm yang anda gunakan pada kepala itu benar-benar keras, bukan “helm karet”, karena itu digunakan untuk kepala yang lain.

7. Bagi pemudik yang menggunakan alat transportasi semacam bus, waspadalah ketika ada penumpang yang berbaik hati menawarkan makanan atau minuman. Biasanya mereka itu pedangan asongan.

8. Jika anda pemudik yang menggunakan alat transportasi udara dan laut, disarankan tidak turun saat dalam tengah perjalanan.

9. Khusus pemudik transportasi udara, jika anda kegerahan atau mabok di pesawat, jangan sekali-kali membuka kaca jendela.

10. Jika lampu sen pesawat mati, disarankan juga untuk tidak membuka kaca jendela untuk melambaikan tangan.

11. Untuk pengguna kendaraan pribadi, mohon untuk mengecek rem terlebih dahulu. Pastikan rem masih berfungsi dengan baik. Jangan nekad ngerem pakai sepatu.

12. Pasang kecepatan 40-70 km/h saja. Tidak perlu ngebut sampai 120 km/h, nanti kecepetan sampai kampungnya. Tar disuruh bantu-bantu bikin kue. Capek!!

13. Jangan pula terlalu santai dengan kecepatan 10 km/h. Dikhawatirkan baru sampai pas lebaran haji.

14. Selalu bawa power bank agar kalian bisa tetap eksis update status, upload foto, forsquare, dan ganti avatar.

15. Cari angle yang bagus buat foto di instagram, contoh : kaca depan mobil dibuka setengah, taruhlah tangan kanan di stir bagian atas, tangan kiri megang perseneling, duduknya sengaja agak dimiring-miring manja gimana gitu, dagu agak naik, perut tahan napas, tatapan lurus ke depan.

16. Tips terakhir, mudiklah ke kampung halaman, bukan ke kampung rawa atau kampung rambutan. Disana banyak preman.

Okeh, mblo.. Cukup sekian tips mudik anti udik ala gue, selamat bermudik ria epribadehhh, semoga lanjar jaya dan selamat damai sentosa. Berhubung lebaran, gue mo siap-siap ngabisin stok kue nastar dan keju nih, kalian jangan ada yang minta, soalnya klo ga ngasih, tar gue jadi pelit. See you on the next tips!!

Advertisements

71 thoughts on “Tips Mudik Anti Udik

  1. Aku ga prnah pakai helm, karna beberapa alasan ;
    1. Sumuk
    2. Malas beli malu dibilang cemen, berani ngebut tp takut celaka. Kelaut aja.
    3. Merasa sudah handal, begitu gas maks tinggal cabut kunci, stop break enggine..hosss…hosss…
    4. Suka tantangan yg menantang toh sekalipun celaka anggap itu sudah takdir yang memang harus dijalani karna kebodohan kita sendiri.
    5. Sesuatu yang sulit di ungkap disini, karna kendarai motor baru itu lebih kerasa taste nya jika tanpa helm, smeriwing” gmn gituloh.

    Wuhahaaa (tapi itu dulu sebelum sehat seperti sekarang, kalau saat ini insyaallah tertib sevtireding)

    #Maaf cm komenin poin 6 karna poin” yang lain sudah terlalu mainstream utk dikomenin (mungkin) 😀

    • Wah ini kayak dikomenin sama mantan pengemudi balap liar deh hahahhaha.. luar biasanya nyawanya banyak kayak kucing. Jangan gitu bang, mesti peduli sama idup sendiri, situ celaka kan tar keluarga sedih, eike juga tar ikut sedih loh. Baguslah klo sekarang safety riding. Seenggaknya jaga2 buat keselamatan kita sendiri&keselamatan org lain juga. Tp biasanya giliran kita udah safety eh malah ditubruk orang lain, itu baru namanya takdir. 😆😆😆

  2. nomer 6 kok kayaknya gue ngerti nih apa yg dimaksud *eehh eegrgghh.

    eniwei, gue nggak mudik krn nyokap asli bekasi, kelurga banyakan di bekasi,
    yogya? sisa bude doang dan klo kesana pas lebaraan widiih macet. lagian kasian kucing2 di rumah kagak ada yang jaga.

    • Hahahha.. justru no. 6 kayaknya favorit orang2 buat komentar ya 😆😆 iyalah Jogja sekarang emang padet banget tp makanannya enak&murah meriah, aku juga ketagihan pngen ke Jogja lagi tp ga pas musim liburan gini. Emang ribet sih punya hewan piaraan pas kita mo pergi2, untung aku miara cuma kucing kampung, dateng pas dia mo makan doang, abis itu pergi entah kemana, trus pulang2 malah hamil, ah dasar kucing betina jablay 😑😑😑

      • biar ga bunting mbok ya itu kucing disteril say, kyak KB gitu lah wkwkwkw.
        Huaaa aq jd kangen yogyaa 😦
        kmrin cek tiket buset pesawat yg balik ke jakarta aja kena 2juta 😦 (iseng cek harga arus balik yogya-jakarta)

      • Hahahahah.. keren amat kucing di KB, masalahnya ini kucing kampung say, bukan angora atau persia, makanya bebasin dia aja deh mo gmn2 juga. Iya pasti tiketnya mahal pas lebaran gini&pasti tar macet dmn2, mending bela2in ambil cuti biar bner2 bisa nikmatin suasana jogjanya. Aku pngen bgt ke Kulon Progo kmrn ga smpet ksana huhuhu..

      • Iyaaa, trus pengen foto di kalibirunya juga, km udah pernah ksana syer? Iya emang buntingnya cepet bgt, tp ga tau ni kucing kmrn2 perutnya gede tau2 pas dateng lagi udah kempes, ga tau deh dia lahiran dmn, pdhl aku pngen banget tuh miara anaknya. Dia belum pernah bawa anaknya ksini, apa jangan2 keguguran gitu ya

      • belum sempaaat 😦
        bulan mei kmrin ke yogya nggak sempet ke kalibiru, padahal pulangnya lewat kulonprogo loh tapi krn temenku nyetir sendirian kasian maksain dia kesana.
        Mendingan kita agendakan liburan bareng yuk wkwkwk.

        kucing biasanya klo melahirkan cari tempat ternyaman dan tersembunyi gitu. Kalo mau pelihara sih sering2 aja kasih makanan sm sediain minum buat dia. biar nggak tekor, beli makanan kering aja. soalnya klo kasih makan ikan mah rugi bandar kita wkwkwkw.

      • Iyaa, aku juga pngen nih liburan ga bawa2 suami, soalnya kalo bawa dia tekor krn ongkosnya dobel hahahaha.. Syera klo tar mo liburan kemana gitu misal ke luar negri ke S’pore, thailand, atau kemanalah yg naik pesawat kabarin aku dunk, soalnya aku norak banget nih udah setua ini belum pernah naik pesawat 😂😂😂

      • Ayookk nti aq kabarin yak di message fesbuk klo jalan2.
        Ada rencana mau ke bali september ini bareng temen.
        Kisaran libur lebaran idul adha.
        Rayu suamikk lah kesni yuk hihi.
        Hotel sminggu cm abs 1,8juta udh ada breakfast sm kolam renang di hotelnya (walau bukan private pool).
        Klo tiket pesawat kisaran 600-800rb persekali jalan. Cuss rayu suamik say biar bs brg2 jalannya.

      • Oke siaap say, tar deh di fb aku kirim no WA aku ya via message, aku dlu prnh ke bali pas SMA udah lama bgt ga ksana, km di bali mo seminggu? Tar coba aku info suami aku dlu soalnya dy ribet klo mesti cuti seminggu di kantor takut ga dikasih ijin, klo emang dia ga bs paling tar aku ajak adik aku aja deh

      • ga cuti smp sminggu say, suami jadwal kerja teratur nggak senin-jumat?
        klo iya, cuma cuti 4 hari aja kok.
        aq pergi tgl 11-18 september.

      • nahh, pas tuh. hotel 1,8 juta kan utk berdua. tinggal tiketnya aja kok pinter2 cari harga. misal tikte pp 1,2jutaan klo berdua kan jd 2,4jt+hotel 1,8jt. cuma 4,2jt berdua di bali selama seminggu.
        transport bisa pilih motor 50rb/hari atau mobil 350rb/hari udh sm supir dan bensin.

      • Iyaa termasuk murah 4,2an buat ke bali, soalnya aku ke jogja aja desember kmrn naik kereta abis 3,5an. Yaudah siap say, tar aku info-info yaaa.. tengkyu loh infonya 😉😉

    • Hahahaha.. iya, aku juga sama sekali ga inget penah nulis ini, pas baca malah ikut2an ngakak sendiri 😅😅😅 lumayanlah kalau anda terhibur, akunya dapet pahala 😎😎😎

  3. semua kalimat kayaknya bisa dibelokin ya mba ke masalah hati, klo aku yg nulis kayak gini pasti udah diledekin baperan. Untungnya mba udah nikah. Paling ngakak bagian jomblo ngga ngerti open house taunya open heart, bahahaha *ngakak*
    Aku jarang ngerasain mudik mba, kayaknya seumur umur pulkam pas lebaran itu ngga lebih dari 3/4 kali deh 😦

    • Hahaha.. itu sbenernya aku nulisnya pas lagi jomblo, thn 2013 aku belum nikah makanya meresapi banget jeritan hati perawan 😆😆 aku juga dulu jarang mudik, skrg aja udah nikah mudiknya ke kampung suami, sapa tau Presyl juga mudiknya tar ke kampung suami ya 😊😊😊

    • Hahahha.. iya mbak Yanti, syukur deh skrg aku udah double, tinggal nambah personil lagi aja nih biar lengkap keluarganya, sapa tau klo ada anak aku jadi agak keibuan sedikit gitu, ky mbak yanti doyan ngerajut, aku juga pngen biar ngirit ga usah beli baju lebaran 😆😆😆

  4. Wkwkwkw edan ini tulisanmu Mbak wkwk 😀 jokenya Emaaas 😀 hihihi

    Duuuh, tapi kayaknya ini postingan buat aku banget ya? :’ eng.. banyak kata Jomblo disini. Dan secara nggak langsung, aku merasa diperhatikan :’ terimakasih ya :’)

    • Hahahah.. iya jelas aku perhatiin dong, sesuai dengan pasal 32 ayat 1 yang berbunyi : Jomblo-jomblo terlantar dipelihara oleh negara. Kalo kepilih jd gubernur jakarta Nanti aku bakal bkin panti jomblo ya untuk melestarikan spesies kalian, pilihlah aku no. 5!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s