Tips Menghadapi Ujian Nasional

19 April 2013

Dear Diary,

Gue posting lagi nih, dan posting kali ini bukan karena emang lagi pengen nulis, melainkan cuma pembuktian aja kalo gue masih inget passwordnya.

Dan di malam ini, di area Bandung Selatan tepatnya di Bojongsoang sedang mengalami hujan yang cukup besar. Korelasi yang paling tepat antara Bandung Selatan dengan hujan adalah banjir. Banjir bukan disebabkan oleh air tapi oleh manusia yang ga bisa menyikapinya, karena sesungguhnya hujan adalah hubungan baik antara langit dan bumi.

Biasanya klo hujan gini cuma ada 2 tipe kondisi hati manusia, yaitu tipe galau dan romantis, bedanya klo romantis itu berduaan, galau sendirian.

Yaelah, lagi-lagi topik bahasan gue melenceng dari judul, maklumlah sekarang kondisi gue lagi sakit gigi gara-gara gigi bungsu mo tumbuh, bete deh gusi jadi bengkak, ga bisa makan steak, ga bisa teriak-teriak godain cowok, tidur jadi ga nyenyak dan sulit buang air besar. Gigi bungsunya emang belom muncul ke permukaan gusi, tapi awas aja klo ni gigi nongol mo gue maki-maki, gue bakal bilang gini sama si Gibung (gigi bungsu), “Heh, Gigi!! Kemane aje lo? Gigi laen udah tumbuh dari gue balita, sekarang ngapain lo muncul? Tega lu ya PHP-in gue, klo mo tumbuh mah tumbuh aja jangan bikin gue kesakitan gini, lu tau ga sih, sakit Giii.. Sakkiiiittt!! Bunuh aja gue sekalian!!”

Kalo kata orang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi kayaknya gue agak setuju nih, secara gitu jam terbang gue sebagai playgirl kelas playgroup udah cukup tinggi, jadi klo soal patah hati gue agak kebal gitu, karena korelasi antara patah hati dengan kekuatan hati itu berbanding lurus, semakin sering gue patah hati semakin kuat juga ni hati, pokoknya hati gue jauh deh dari yang namanya osteophorosis. Buktinya kemaren pas putus sama mantan, gue sama sekali ga pake nangis, tapi pake ngamuk.

Ok, fokus ke judul.. Fokus Havni, FOKUS!!

Eiya sekarang lagi musim Ujian Nasional atau singkatannya UN. Minggu ini yang UN anak SMA, tapi minggu depan anak SMP. Gara-gara UN, gue jadi menyadari sesuatu kalo si Dio ade gue yang paling bungsu sekarang udah kelas 3 SMP dan minggu depan mo UN juga, pantes dia mendadak rajin belajar, ternyata ade bungsu gue ini udah beranjak gede.

Sebagai kakak tertua yang budiman dan bijaksana, kemaren gue udah wanti-wanti sama si Dio, gue bilang “Dio, kamu hati-hati ya bentar lagi UN, belajar yang rajin dan siapin hati, siap-siap diputusin cewek dengan alesan mau fokus belajar. Tabahlah, dik, tabah.. Kakak yakin kamu pasti bisa!!”

Abis menguatkan ade gue si Dio, barulah gue menyadari sesuatu, klo ade gue itu kan jomblo dari lahir, ngapain juga gue ngasi wejangan kayak gitu.

Well, emang ga penting juga sih apa yang gue bahas barusan, sengaja gue cerita gitu buat nambahin kata-kata aja biar blog ini ga terlalu pendek ceritanya.

Ok, sekarang langsung to the point aja ya, sebenernya ada 2 kemungkinan siswa yang keluar kelas duluan pas lagi ujian. Antara bisa ngerjain atau emang udah pasrah aja ga tau lagi mo nulis apa. Sekarang gue kasih tips jitu nih buat kalian wahai adik-adik untuk menghadapi UN dengan sukses.

#Tips jitu menghadapi UN ala Annisa Havni :

– Semakin nyaman pengawas sama kelas, semakin dia ga terlalu ketat ngawas. Sediakanlah banyak-banyak cemilan ringan kayak nasi padang, nasi timbel atau nasi kebuli. Jangan lupa sebelumnya ditaburi dulu makanannya sama obat tidur, jika tidak ada, obat pencahar pun boleh kok.

– Apabila pengawas sudah lengah, mulailah kerjakan soal dari yang paling mudah terlebih dulu.

-Kalau ada beberapa soal yang ga bisa dijawab, boleh kalian tanya-tanya temen dengan media lempar kertas atau pura-pura pinjem rautan pensil yang di dalamnya ada surat mendesak pengen minta jawaban.

– Kalau kalian udah mentok nyari jawaban di pilihan ganda, pilihlah huruf yang jarang kepilih di soal-soal sebelumnya.

– Kalau tetep ga berhasil, ga usah panik, apalagi nangis guling-guling. Coba buat tetap tenang dan stay cool. Masih ada pilihan alternatif lain, yaitu pilihlah jawaban yang paling panjang.

-Kalo tetep masih ga berhasil juga, tenang, itu wajar kok, ini alternatif terakhir, jika soalnya pilihan ganda tipsnya pilihlah semua jawaban. Itu menunjukkan klo kalian menghargai semua pendapat.

– Jika sekiranya muka mantan atau pacar kamu kayak bilangan cacah atau rumus matematika, jangan sekali-kali bawa fotonya karena itu dapat membuyarkan konsentrasi.

-Kalau kamu ngerjain soal Matematika cepet dan berasa gampang, berarti jawaban kamu salah, pilih jawaban yang lain.

– Ketika pengawas lengah, sangat diperkenankan kalian untuk membawa proyektor asalkan yang ditampilkan adalah kunci jawaban.

– Banyak-banyak berdoa juga, sapa tau dari 50 soal ada 40 soal yang jawabannya dianulir, jadi kalian cuma cukup mikir buat jawab 10 soal aja, tapi biasanya hal ini jarang terjadi sih, tapi gak papa deh, yang penting ikhtiar aja dulu, Tuhan yang menentukan.

Sebagai kakak senior, gue mo ngucapin selamat menghadapi UN adik-adikku tercintah, gue sedih ga bisa ikut lagi, padahal gue pengen banget ngejawab pertanyaan dengan : HANYA TUHAN YANG TAU. Ngejawab pertanyaan gitu nanti klo disalahin berarti gurunya dosa. Yes!!

UN itu sebenernya ga penting kok, yang penting itu lulus. Semoga kalian yang baca dan mempraktekkan tips jitu ini lulus semua, kalo enggak ya gak papa, ga usah sedih apalagi depresi, masih ada UN tahun depan kan. Semangat ya, Dik!! Jangan lupa belajar, karena sesungguhnya rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Kalo kalian udah pada lulus UN, gue juga punya tips biar cepet lulus kuliah, yaitu dengan ambil D1.

Pesan moral : Kalo cari pacar tuh jangan kayak soal UN, udah susah-susah dipilih, taunya jawaban yang salah.

Udahan ah postingannya, gue mo nelpon pacar dulu, kasian dia lagi butuh suplemen rasa kasih sayang. Ok, see you on the next tips, Kakak cayank kalian cemuaaaaahhhh..

Sekian dan terima kasih, salam anak sekolah!! Peace, love and gaul.. Dadaaaahhh.. \(^o^)/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s