9 April 2013
Dear Diary,
Sehubungan dengan padatnya aktivitas, maka dari itu gue pengen mengucapkan maaf yang sedalam-dalamnya karena baru sekarang bisa posting lagi.
Sebenernya sih gue pengen banget posting dari tanggal 1 April kemaren, tau kenafa? Karena gue punya tips jitu buat para jomblo untuk menemukan belahan jiwanya. Well, tanggal 1 April itu menurut gue adalah tanggal yang paling tepat buat nembak gebetan. Kalo ditolak bilang aja “APRIL MOP!!”
Ngomongin soal April Mop, gue juga kemaren-kemaren sempet iseng boongin nyokap, gue bilang “Mama, sebenernya aku ini bukan anak mama..” Eh tapi malah dikacangin.
Ya sutralah, di hari yang macet gara-gara Bale Endah dan sekitarnya kebanjiran ini, ijinkanlah adinda bercerita sesuatu..
Dikarenakan di part sebelumnya ngebahas sedih-sedihan karena patah hati, sekarang gue ajak kalian buat seru-seruan tentang pengalaman gue sebagai call center. Gue ajak kalian sejenak masuk ke dalam kehidupan call center. Mari terlelap bersama-sama, lebih dalam lagi.. Lebih dalam lagi.. Lebih dalam lagi.. Lagi.. Lagi.. Dan lagi.. ZZZzzzzzzz..
Iya sekarang gue gawe sebagai Call Center PLN. Iya PLN yang katanya sering mati-mati itu, PLN yang katanya banyak korupsi karena petugasnya selalu minta tips, dan juga PLN yang dengan seenaknya memadamkan hati orang tiba-tiba #lho?
Udah kebal sih gue sama komentar-komentar miring tentang PLN, padahal sebenernya PLN ga segitunya juga kali, kita udah usaha ngasi yang terbaik buat pelanggan dengan layanan gangguan 1×24 jam. Cuma ya mungkin belum maksimal aja, tapi semoga next time PLN bisa ngasi pelayanan yang optimal dan maksimal, amien.
Kalo soal pelanggan marah-marah sih udah biasa, dimaki-maki pake bahasa binatang pernah, dimaki-maki sambil ngancem nama kita mo dimasukkin koran pun udah jadi makanan sehari-hari. Tapi yah namanya juga kerjaan pasti ada susah dan senengnya. Dibalik semua makian itu ternyata banyak juga serunya, ketawanya dan asyiknya.
Nih gue klasifikasikan tipe pelanggan PLN beserta job desk-nya.
1. Pelanggan Tipe Calo
Indonesia itu emang ga pernah lepas dari yang namanya calo. Mo nonton pelm ada calo, mo nonton konser ketemu calo, mo mesum juga mesti pake calo (Baca : Germo).
Tapi calo PLN itu adalah calo yg paling kreatif menurut gue, karena gue sering banget dapet telepon dari calo yang pake nama-nama cewek kayak Fitri Nuraini, Neneng Suryani, Euis Kosasih, dll tapi suaranya ngebass dan berat layaknya seorang pria berkumis baplang telat puber. Entah apa yang ada di pikiran mereka dan merahasiakan identitas mpe segitunya.
Gue juga pernah dapet telepon dari calo yang suara aslinya dirubah pake alat perekam yang kayak di tv acara investigasi gitu, yang biasanya mengungkap tabir kejahatan dalam pembuatan makan dan kecurangan berbisnis. Keren ya, calo PLN itu ternyata lebih kreatif dan canggih dari agen FBI atau CIA sekalipun.
Contoh dialog gue dan calo yang merahasiakan identitas dengan menggunakan alat perekam kayak di tv acara investigasi makanan tuh kayak gini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Calo : “Iya mbak, saya mau pasang baru nih daya 450 VA untuk rumah tinggal menggunakan listrik prabayar.”
Dikarenakan dia pake alat perekam, di otak gue kedengerannya jd kayak gini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Calo : “Iya mbak, sebenernya ini pengakuan aja klo saya turun temurun selama 450 tahun selalu memakai boraks dan tepung basi busuk dalam pembuatan cireng.”
Suara si calo yang berniat mo pasang baru pun mendadak jd kriminal di otak gue.
Ada juga calo yang pura-pura ga butuh padahal butuh banget, kira-kira dialognya kayak gini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yg bisa dibantu?”
Calo : “Iya mbak, saya tuh tadinya mau ke pasar beli ayam buat bkin opor, tapi tiba-tiba saya keingetan pasang baru.”
Gue : (۳˚Д˚)۳
“Kampret nih calo”, guman gue dalam hati.
Tapi calo yang paling membekas di hati gue adalah seorang calo yg bernama Sukin. Dialognya seperti ini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Calo : “Iya mbak, saya dengan Sukin ingin mengajukan permohonan tambah daya.”
Gue : “Baik, bapak Sukin bisa dibantu dengan ID pelanggannya?”
Calo : “Maaf mbak, manggilnya jangan bapak Sukin, saya lebih suka dipanggil Mas jadi panggil aja saya Mas Sukin.”
Gw : *apapula ini, dasar calo mesum!! (dalam hati)
Yah, kurang lebih itulah pengalaman gue sebagai call center PLN yang bercengkrama dengan para calo pasang baru dan tambah daya, cukup menyenangkan dan menghibur tentunya.
2. Pelanggan Horor
Di suatu Jumat malam tepatnya tanggal 13 bulan Kliwon pukul 23:00 terjadilah dialog seperti ini :
Gue : “PLN 123, Selamat malam dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Ya ampun.. Mbaaaakk.. Mbaaaaakk.. Tolong saya mbaaaaakk..”
Gue : “Iya ibu ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Tolong saya mbaaaakkk, sakittt.. Sakiiiitttt banget mbaaaaakkk..”
Gue : “Iya ibu ada yang bisa dibantu??” (Sambil deg2an)
Pelanggan : “Mbak bisa bantu saya ga? Tolong naikin kaki mbak keatas sebentar aja, tolong mbaaakk tolong bangeeeeet!!”
Gue pun bingung maksud si ibu apa tapi dengan perlahan gue naikin kaki keatas dan…
Pelanggan : “Ya ampun mbaaaakk makasih ya mbak,makasih banget..”
Gue : “Iya ibu, kenapa?”
Pelanggan : “Tadi rambut saya keinjek sama mbak.”
Gue : ………………..
Jeng.. Jeng.. Jeng.. Jeng.. Ngik.. Ngik.. Tiba2 suara kunti dan serigala pun mengalun dr kejauhan.
3. Pelanggan Anak kecil
Biasanya pelanggan anak kecil adalah pelanggan yang paling disukain oleh agent call center, soalnya ga perlu ribet jelasin macem-macem dan mereka ga banyak nanya, tapi ternyata ada segelintir anak jaman sekarang yg udah pada rese dan ngeselin, contohnya gini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Mbak, ada ayam ga?”
Gue : “Ade, ini dengan PLN call center. Mohon maaf dengan ade siapa saya berbicara?”
Pelanggan : “Saya Nikita Willy, mbak.”
Gue : “Baik, ade Nikita Willy, ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Halo.. Ronal Mc Donald-nya ada?”
Gue : “Ini dengan PLN, ade.”
Pelanggan : “Kalo Wendys-nya ada ga?”
Gue : “Ini dengan PLN, Perusahaan Listrik Negara.”
Pelanggan : “Popeye ada ga?”
Gue : “Ini PLN ade, kami menangani kelistrikan.”
Pelanggan : “Kalo Chaki ada ga?”
Gue : *gantungdiripakekabeltelepon*
Hmmm.. Dan ada juga nih pelanggan anak kecil tipe rese nomer 2 kelas iblis, kayak gini :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Mbak, udah punya pacar belum?”
Gue : “Baik, mohon maaf sebelumnya dengan ade siapa saya berbicara?”
Pelanggan : “Aku Salsabila, mbak udah punya pacar belum?”
*Berhubung ga bia diajak kompromi, dengan terpaksa gue ladenin aja ni anak iblis*
Gue : “Belum punya, ade..”
Pelanggan : “Mbak mau dinikahin ga?”
*Sempat terbersit pikiran klo ni anak iblis mau jodohin gue sama abangnya yang jomblo*
Gue : “Iya, boleh deh..” (berharap besar)
Pelanggan : “Dih mbak punya pacar aja belum gimana mau nikah.”
Gue : *speechless sambiljedotinhatikekomputer*
4. Pelanggan Buta Huruf
Berhubung PLN melayani hampir seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, jadi ga heran kalo ada beberapa pelanggan yang tinggal di pelosok yang masih belum fasih baca dan tulis. Contohnya gini nih :
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Neng, punteun. Bapak ingin mengajukan pasang baru.”
Gue : “Baik, dengan bapak siapa saya berbicara?”
Pelanggan : “Yuswan Fatonah.”
Gue : “Mohon maaf, agar tidak terjadi kekeliruan bisa dieja untuk penulisan namanya?”
Pelanggan : “Tiasa, neng. Nama saya teh Yuswan, dieja Ey.. U.. Es.. Ew.. A.. En, Fatonah dieja Ep.. A.. Et.. O.. En.. A.. Ha..”
Gue : “Mohon maaf, bapak untuk pengejaan penulisan nama Fatonah itu F untuk Fanta atau P untuk Papa?”
Pelanggan : “F untuk Panta, neng.”
Ckckck.. Ternyata orang sunda ga bisa bilang F itu bener-bener Pitnah!!
5. Pelanggan Gombal
Pelanggan tipe ini adalah pelanggan yang diduga sedang mengalami defisit kasih sayang serta mengalami krisis percintaan akut. Mungkin mereka pikir gue ini semacem Agent Premiun Call kali ya, makanya mereka ga ragu buat ngeluarin jurus-jurus ampuh buat menggoda.
Kalo diliat dari modus, jelas mereka ini adalah tipe playboy gagal, karena ga sanggup bayar mahal buat nelpon Agent Premium Call, akhirnya gue-lah si agent call center PLN tak berdosa yang menjadi korban. Ini dialog antara gue dan si playboy gagal..
Gue : “PLN 123, Selamat pagi dengan Annisa ada yang bisa dibantu?”
Pelanggan : “Iya, mbak. Hati saya padam.”
Gue :”Mohon maaf, suara bapak kurang jelas. Ini padamnya hanya 1 rumah saja atau di rumah sekitaran bapak juga turut padam?”
Pelanggan : “Padam 1 hati, mbak. Dan aku minta.. tolong terangi jalanku. Aku lelah tersesat di hatimu, mbak..”
Gue : *Hening*
Dan jerami pun bergelinding..
Yah.. Itulah sekelumit kisah tentang kerjaan gue sebagai call center. Buat informasi aja sebenernya jadi call center itu ga gampang loh, kadang orang sering menganggap remeh kerjaan call center yang cuma duduk manis sambil cuap-cuap manja dan ga banyak mikir. KATA SAPA, HAAAHH??! KATA SAPAAAAA??!!
Kita sebagai call center itu dituntut untuk selalu baik di mata pelanggan. Kita kudu tetep pura-pura baik, ramah dan pinter depan pelanggan walau hati dongkol abis. Ga beda jauhlah sama artis yang tetep kudu keliatan cantik dan sempurna depan tv walau hidupnya sebenernya juga berantakan. #Eh!!
Jadi yah intinya, menjadi seorang call center itu ga gitu berat sih, tapi ga ringan juga karena sesungguhnya seringan-ringannya pekerjaan akan menjadi lebih ringan apabila tidak dikerjakan. #Doktrinpemalasan
Well, tips dari gue sih ya, khususnya buat orang-orang yang lagi jenuh sama kerjaan, inget aja kalo sebenernya “Bukan karena pekerjaan menyenangkan maka kita tersenyum, tapi tersenyumlah maka pekerjaan menjadi menyenangkan.” Annisa Havni, 26 tahun, lajang dan pekerja keras.
Anyway, cukup sekian ya ngeblog-nya, semoga dapat memberikan manfaat dan pencerahan, namun jika tidak dan kalian justru makin tersesat, baguslah berarti tujuanku tercapai, terima kasih.
Wkwkwkwkwkwk.. Aya aya wae.
Pantengin terus y blog aku, thx for reading!
Keren anisa…
Btw, kamu CcPLN123 site mana ya? N emank ada shift malam untk cew?
Ga ada shift malem sih, dulu pas dapet telpon horor sebenernya pas menjelang magrib dan mo pulang kerja, tp sengaja di blog di bikin kejadiannya jam 11 malem biar lebih dramatis aja heheheheh..
hahahaa.. kocak 😀
but, emank ada dapet pelanggan sprt yg di atas td ya ???
Waduhh baru nyadar ternyata bnyk yg komen hueheheh.. Iyesss, emang bener ada pelanggan ky gitu, ini kisah nyata.. Pantengin terus ya blog aku, thx for reading ;p
Wew, baru nyadar ada yg komen hueheehh.. Iyess, ada bangeeett pelanggan ky gitu, pantengin terus y blog aku, thx for reading ;p
Ngblog via apa ??? Lumayan rajin jg ya posting pengalaman hidup :p
Entertaining !!!
🙂
Makasih. Salam PLN 123, tuntas tanpa tatap!!
seru juga pengalamannya
Iya, masih banyak lagi pengalaman-pengalaman lainnya. Salam kenal, terus pantengin blog aku yaaa.. ;p
Mantab! wkwkwkwkwk senasib kita sist soal dimaki-maki orang soal Listrik mati. Kunjungi blog saya ya….
Hahahah.. Iya, nasib call center emang gini, digaji untuk dimarahi wkwkwkw..
Tetap semangat ya Mba Anisa, kami sangat mengandalkan mba Anisa dan teman” Call Center 123 untuk bisa membantu dan memberikan penjelasan yang pelanggan butuhkan.
Salam.
Iya, makasih. Salam PLN 123, Tuntas Tanpa Tatap!!
lucu
Makasih, terus pantengin blog aku yaaa.. ;p
Wkwkwkwk… seru ya, gaya nulisnya kocak. Padahal buat sebagian orang gak gampang mengontrol emosi saat menghadapi telpon iseng dr org g jelas. Posting yg rajin ya mbak… *asik soale
heheheh.. Iyaa, makasih. Salam PLN 123, TUNTAS TANPA TATAP!!
Saya sebagai insan PLN ikut menikmati tulisan Annisa dan membuat senyum. Mengkerut dahi. Emosi dikit… Dan bangga karena Annisa dpt menjalaninya dgn tersenyum….. Terimakasih atas bagi pengalamannya… Dan satu hal lagi anda berbakat menulis…. Kembangkan terus…. Salam. Herman. Bali.
Iya, makasih pak, semoga tulisannya bermanfaat. Thx for reading \(^o^)/
Saran sebaiknya..gambar profil pelayanan yg lebih sopan dab menhormati hak2 wanita..bagi kaum hawa yg bersedia berkenan utk dihormati.
InsyaAllah…smg sang Kholiq bersama kita.. amiiin…yaa Karrim..
Amien.. Thx for reading ;p
Mendadak rame gegara di share di FB PLN Tipi.. salam yah buat pak Julnan..
Hahaha.. Iya nih, mendadak heboh banget, padahal nulisnya cuma iseng doang, thx for reading ;p
Nice Blog
Makasih, sering-sering ya mampir di blog aku ;p
Keren ceritanya, di tempat saya call center nya laki laki semua sih. jadi ga bisa digoda. hihihi
Emang call center apaan yang isinya laki-laki semua?? Hmm.. call center pakaian dalam pria-kah?
trimakasiihh slalu bertugas buat PLN yaa 🙂 .
Dines d call center mna nh ?? Pln mna ?
Iya, makasih. Aku dari PLN Bandung distribusi jabar&banten, salam kenal&thx for reading..
wkwkwkwkwkwkwkwk kocak bgt….
mbak ini cocoknya jadi penulis cerita lucu… atw sekalian jadi comic sja mbak… ada bakat….
sy sampe terbahak2…..
Waduh!! jadi comic stand up comedy maksudnya? Enggak ah, malu. Takut diketawain orang heheheh..
hahahaha…..
yg jelas mbak ini lucu…
Makasih, baca juga judul blog aku yg lain ya ;p
Hiihihihih lucu isi blognya
Heheheh.. Makasih, thx for reading ;p
Hai mba Annisa, salam kenal en tetap smangat bersama PLN ya, mba ujung tombak yg meski dipandang sebelah mata oleh org lain tp sangat berharga & penting bagi PLN.. Tulisannya ringan en lucu, bikin ketiwi di tengah2 kesuntukan hehehe..
PLN Jaya!!! Tetap ramah en cekatan dlm menjawab setiap tlp, U go girl ^_^
Iya, makasih mbak Laura.. Baca juga judul-judul lain di blog aku ya annisahavni.wordpress.com semoga terhibur \(^o^)/
Wow….gread annisahavni ….
Lanjutkan …ditunggu bukunya…
Iya, amieeenn. Makasih mbak Asma. Baca juga ya judul-judul lain di blog aku annisahavni.wordpress.com thx for reading ;p
Hahahaha….bodor pisan
Salam kenal neng Nisa
Iya, sama2, salam kenal juga kang cecep. Sering2 y mampir k blog aku ;p
nice to read your blog..
hopefully you are as nice as you wrote..
assalamu’alaikum..
Actually I’m as nice as an angel, sir ;p
lucu mba, smape ketawa saya,, semangat mba, emang ga gampang jd karyawan di bidang jasa,,customer service bank pun jg bgitu,,eh kok jd curcol,,hehehe
Heheheh.. Makasih ya, baca juga judul blog aku yang lain, semoga bermanfaat. Kalo enggak, baguslah berarti tujuan aku tercapai ;p
Heeeyyy waka waka .. luar biasa ceritany .. gak nyangka ya ternyata kamu komedianny cc pln123 .. 1000 jmpol wat kamu .. miss u
Teh cheiii.. Miss yu tuuuu.. Salam juga ya buat anak2 CC disana, harus selalu inget bahwa dibawah kekesed masih ada lantai, salam super.
bisa ngelawak juga toh mba…ane jd senyum2 lihat percakapannya dengan yang ‘ hatinya padam ‘
semangat terus mba untuk menulis…….
Heheheh, makasih yaa.. Baca juga judul blog aku yg lainnya, semoga bisa mencerahkan hati yang padam, salam kuper!!
Hahahaha… sangat menghibur.. pas banget lagi ngantuk.. jadi melek lagi…
Hehehhe.. Makasih yaaa.. baca juga postingan blog terbaru aku yg judulnya pacaran vs menikah, selamat merem melek ;p
Tulisannya simple tapi kocak.. salam kenal dari CC 123 site Makassar
Makasih ya, baca juga judul2 blog aku yg lain. Salam kuper!!
Hhaha… menarik juga jadi CC..
Kalo di kantor unit melayaninya gk tuntas tanpa tatap.. 1 pelanggan bisa 1 jam, tergantung karakter pelanggan dan masalahnya.
Great annisa. Lanjutkan postingnya.
Hhaha… menarik juga jadi CC..
Kalo di kantor unit melayaninya gk tuntas tanpa tatap.. 1 pelanggan bisa 1 jam, tergantung karakter pelanggan dan masalahnya.
Great annisa. Lanjutkan postingnya.
Heheheh.. Iya, makasih ya. Baca juga judul2 blog aku yg lain ;p
Wah kebetulan saya sedang dalam posisi melamar menjadi call center di salah satu bank nasional. barangkali apa ada tips dari mbak, untuk menanggapi pertanyaan2 yang unik dan menguras emosi (hehe..) para call center??
makasih banyak ya mbak 🙂
Oh, kalo ada pelanggan yg menguras emosi sih kita maki-maki balik dan langsung tutup aja teleponnya, masalah beres. Semoga tips dari saya bisa mencerahkan anda, jika tidak, baguslah berarti tujuanku tercapai ;p
pengalamannya hampir sama tapi saya gangguan telpon haha
eh boleh kepo gak kak? kalo kantor dibandung dimana ya? pngen coba ngelamar ke sana hhe
Heheheh.. Iya nasib CSO, kantor cc pln bandung ada di icon+ jl. Supratman no 58 bandung. Welcome to the jungle \(^o^)/
Wah seru utk 1 jurusan yg sama…mengerti bgt pengalaman2 itu…salam kenal y, aq dr site ws2jb…
Iyaaa sama2, salam kenal juga dari anak2 cc disjabar ;p
Teteh..
Copas buat tips’y buat update di path ah..
Hahaha
Saya juga salah satu agent c/c buat maskapai..
Hahahahaha.. Iya silahkan asal nanti bayar royalti ya ;p
salam kenal buat mbak annisa, cerita ataupun pengalaman kadang buat kita lucu, perih ataupun konyol tapi dibalik itu semua bagi sebagian orang ada hikmah bahkan jadi pelajaran, karena ada teman saya jadi call center malah dapat jodoh dari pelanggan iseng.
Hehehe.. Iya salam kenal juga.. Thx for reading, baca juga judul blog aku yg lainnya ya ;p
Lucu deh suer,,, ngakak…. Hahahaha. Btw tinggal dimana mbak? Oh ya, supaya kita dp berbagai sebagai pahlawan pln.. Nih invited pin gue. 74d11f93. Kasih nama sebelum invited ya. Sebab gue males terima org gk di kenal. Gk bs,, email 📧 in nomor hp nya aja ya.
Hehehe makasih, baca juga ya postingan2 blog aku yang lainnya, Semoga bs tercerahkan ;p
Tetap semangat mbak cc.53 disjabar
Hmmmm…. ceritanya sedikit didramatisir nih kayaknya (benar gak sih :)), tapi darikeseluruhannya saya sih yes.
Lanjutkan
” Lucu deh suer,,, ngakak…. Hahahaha. Btw tinggal dimana mbak? Oh ya, supaya kita dp berbagai sebagai pahlawan pln.. Nih invited pin gue. 74d11f93. Kasih nama sebelum invited ya. Sebab gue males terima org gk di kenal. Gk bs,, email 📧 in nomor hp nya aja ya. ” …. kalo komen yang ini tipe apa mbak ? wahahahahahaha
kak boleh tanya ngga, aku lagi nyusun tugas Akhir mengenai call center 123 pln kak.. kakak punya data2 nya gak kak? soalnya aku kebingungan nyarinya 😥 terimakasih kak sangat ditunggu jawabannya
Data-data apa ya? Aku soalnya udah resign dari PLN 123
contoh percakapan antara agen call center dan pelanggan yang benerannya kak? pengalaman nerima tlfn pelangan marah, calo atau lainnya yang lengkap kak. kalo percakapan diatas kan dikit doang soalnya kak
trus sama foto keadaan kantor call center 123 disjaya kak 🙂
saya tinggal di jakarta mbak, kalo mau nglmar jd call center pln pake outsource mana y mbak? mohon pencerahannya,blm dpt kerjaan nih soalnya.
Klo di jakarta aku kurang tau ya, soalnya aku PLN Bandung sih, atau coba aja kasihin lamarannya ke PLN Disjata, titipin ke satpam aja.
bisa ya mbak titipin ke pln? kalau pakai outsourcing yang mbak tau bisa lewat outsourse mana? (jakarta maupun bandung)
Klo aku dulu iseng aja titipin lamaran satpam, taunya kepanggil. Klo outsource aku kurang tau ya.
havniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kereeen… :D:D:D
Hihihi.. makasih neng Ria 😆😆
Cara masukin lamaran bwt jadi call center pln gmna caranya?
Cara masukin lamaran bwt jadi call center pln bagaimana ya? Mohon informasinya